Subscribe here :

Review

Map of The Soul : 7, My Favorite Album from BTS!

Haiiii, welcome back to BTS things again!

Kalau kalian baca tulisan-tulisanaku di blog sebelumnya, you will find some articles about them. Karena aku sesuka itu membahas apapun topik yang ada kaitannya dengan BTS. Selain karena prestasi mereka yang patut dijadikan contoh, juga karena karya-karya mereka yang selalu layak untuk diapresiasi.

Seperti karya terbaru mereka yang satu ini :

Map of The Soul : 7

source : pinterest

Album Map of The Soul: 7 merupakan album terbaru BTS yang rilis pada Jumat, 21 Februari 2020 dengan pemilihan lagu ‘ON’ sebagai lagu utama untuk comeback mereka. Album yang identik dengan angka tujuh ini pun memiliki filosofinya tersendiri. Kabarnya angka tujuh dipilih selain untuk mewakili jumlah member BTS, juga karena tepat tahun 2020, BTS akhirnya berusia tujuh tahun.

Uniknya di album ini, para member diberikan kebebasan untuk mengungkapkan perasaan mereka setelah tujuh tahun debut lewat lagu solo masing-masing. Aku sudah dengar semua lagunya dan bisa aku simpulkan semua lagunya menyentuh, semua lagunya memiliki ceritanya masing-masing.

Berikut ini list beberapa lagu mereka di album Map Of The Soul : 7 :

Source : pinterest/J-dance
  • ON

BTS terkenal dengan lirik-lirik lagu mereka yang menggamabrkan tentang kehidupan. Kebanyakan lagu-lagu mereka pun tentang perasaan jatuh bangun dalam mencapai mipi-mimpi mereka. Termasuk di lagu ON yang menggambarkan perasaan sulitnya mencapai mimpi mereka. Lirik lagu yang akhirnya bisa aku pahami setelah mengulik arti lagu-lagu mereka di album ini.

Part terbaik di lagu ini jatuh kepada Part Suga :

“Even if I fall, I come right up, scream. That’s how we’ve always been even if my knees drop to the ground. As long as they don’t get buried, it won’t matter, win no matter what. Whatever you say, I don’t give a uh

  • 00:00 (Zero O’Clock)

Pernah gak sih kalian merasa lelah sama hidup? Sering merasa gagal dan gak berguna? Nah, di lagu ini, vocal line (Jin, V, Jimin, dan Jungkook) menyuarakan perasaan yang sering kita rasakan saat menghadapi hari yang berat. Kayak mereka tuh ingin bilang kalau mereka pun merasakan hal yang sama. Memang sih hidup ini berat tapi coba deh ketika kita melihat jam, pada pukul 00:00 hari berat yang kita rasakan setidaknya berakhir dulu di hari ini. Esok hari kita bisa mencoba bernafas lagi, berharap lebih banyak tersenyum lagi. We will be fine anyway.

“and you gonna be happy, like the snow that just settled down, let’s breathe like the first time, and you gonna be happy, turn this all around when everything is new, Zero o’clock.”

  • Inner Child ( V solo)

Lagu ini ditulis Kim Taehyung untuk dirinya sendiri saat mengingat banyak hal yang terjadi saat ini, semula hanya sebuah angan-angan dan imajinasinya. Taehyung merasa dirinya hanya bisa memimpikan banyak hal sampai akhirnya mimpi-mimpi tersebut menjadi kenyataan. Bahwa ternyata dia hanya harus bekerja keras untuk mewujudkan angan-angannya tersebut. Lagu ini pun menyiratkan rasa terima kasih Kim Taehyung kepada dirinya sendiri yang sudah mau berproses dan berjuang dengan sangat baik hingga bisa menikmati apa yang ia nikmati saat ini.

“Now I wish we could smile more, it will be okay, because today’s me is doing fine. Yesterday’s you, now it’s all clear. I want to hug the many thorns in the building rose. The smiling kid, the child who was always laughing brightly. When I see you like that, I can’t help smiling.”

  • Ego (J-Hope Solo)

Cerita lain dari J-hope. Ada momen ketika dia ragu, bingung, dan khawatir dengan perjalanan karirnya. Bayangan untuk menyerah seperti hantu buat dia. Cuma karena egonya dan keharusnya untuk terus berlari, dia memilih untuk tetap maju. Pada akhirnya keputusan untuk tidak menyerah membawa J-hope sesukses sekarang.

BTW, MV Ego buatku MV yang paling kocak sih. Kalau aku gak baca terjemahan lagunya, aku gak akan tahu arti lagunya akan bermakna seperti di atas.

Bisa banget diulang-ulang setiap kepikiran untuk menyerah : “Now I don’t care, It’s all choice by my fate so we’re here look ahead, the way is shinin, keep going now.”

  • Moon (Jin Solo)

Di banyak kesempatan, BTS sering banget mengatakan kalau ARMY (sebutan untuk penggemar BTS) adalah salah satu sumber kesuksesan mereka di industri musik. Sejak dulu, BTS pun terkenal dekat dengan penggemarnya. Aku ingat rajinnya mereka interaksi dengan fans meskipun hanya melalui media sosial.

Nah, lagu Moon ini pun sepertinya ditunjukkan untuk ARMY. Jin sepertinya gak menutup cerita kalau ARMY adalah alasan kesuksesannya selama tujuh tahun mereka berkarir. Vokal Jin yang lembut bikin lagu Moon jadi lebih manis seerti lirik lagunya!

“You are my planet, I’m just a moon to you. Your little star lights up your heart, you are my earth and all I see is you. Just staring at you like this way”

  • Friends (Jimin & V)

Lagu friends ditulis oleh Jimin khusus untuk menceritakan kisah persehabatannya dengan V. Dari lagu ini, kita semua bisa langsung tahu arti V untuk Jimin in words. Membaca lirik lagu friends bikin aku senyum-senyum sendiri, kebayang banget betapa lucunya relationship mereka selama ini. Bagian terbaik dari lagu ini adalah vokal V dan Jimin sangat mewakili perbedaan karakter keduanya tapi tetap terdengar saling melengkapi.

“one day when this cheer dies, stay hey, you are my soulmate for eternity, keep staying here.”

**

Untuk playlist lengkapnya bisa kalian lihat di aplikasi pemutar musik yang kalian punya. Selamat mendengarkan!

Spread love no hate, have a good day!

2 thoughts on “Map of The Soul : 7, My Favorite Album from BTS!

  1. Aselik, album ini juarak banget. Nggak heran RM bilang dia dan para member banyak menguras emosi selama memproduksi album ini. Album ini kayak menggambarkan perjalanan mereka dari belum jadi apa-apa hingga sampai di titik ini. Tiap lagu di album ini punya maknanya masing-masing, ya, khususnya lagu solonya.

    Kalau dari lagu ON, potongan lirik yang “kena” di aku adalah: “Gotta go insane to stay sane…” RM bahas ini juga di Vlive-nya. Dia bilang untuk bisa “waras” di tengah dunia yang gila ini, ya kita harus “gila” juga dalam melakukan sesuatu. Seperti biasa kan yaa, motivasinya bapak Joon ini sangat dalam, mengandung kontradiksi pulak nasihatnya itu 😂 tapi alhasil, malah kepikiran terus sampai hari ini. Hal apa ya yang bisa aku lakukan segila mungkin untuk bertahan hidup?

    Btw, Friends is such a cute song! Gemessh 😂

    1. Setuju banget Mbak! Kayaknya enak banget ya kalau bisa sampai dapat kesempatan ngobrol soal kehidupan sama bapak joon tuh! huhuhu berkat komen Mbak Jane, aku baru ngeh masa dan malah kepikiran juga hal gila apa yang bisa aku lakukan untuk bisa tetap waras di dunia yang makin aneh ini hahaha *mikir keras*

      Terima kasih Mbak Jane sudah mampir di blog aku :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *