Subscribe here :

Lifestyle

Let’s Talk About Emergency Fund!

Sebelumnya aku mau nanya dulu nih, masih ada gak yang belum tahu istilah dana darurat?

Kalau masih ada yang belum tahu, aku jelasin dikit ya. Dana darurat adalah tabungan jangka panjang yang gak bisa diganggu gugat kecuali dalam keadaan terdesak. Contoh misalnya : saat terjadi bencana alam, terkena PHK, membutuhkan biaya rumah sakit yang gak ditanggung BPJS, dan lain sebagainya.

Tentunya, kehabisan uang setelah membeli sepatu lucu di online shop, gak termasuk dalam kategori keadaan mendesak ya teman-teman. Kehabisan uang sebelum gajian berarti ada yang salah dengan cara kamu mengatur keuangan.

Siapa saja yang seharusnya memiliki dana darurat?

Everyone. Semua orang khsusnya yang punya uang. Baik itu mahasiswa, fresh graduate yang sudah terima gaji, dan orang-orang yang sudah punya keluarga. Dana darurat ini penting sekali dimiliki oleh siapapun yang sudah mengelola uangnya sendiri, terlebih lagi bagi yang memiliki tanggungan keluarga.

Apa sih manfaat memiliki dana darurat itu?

Seperti yang aku sebutkan sebelumnya, ketika terjadi hal-hal di luar ekpektasi seperti sakit, terkena PHK atau tertimpa musibah (seperti yang kita alami saat ini dalam melawan COVID-19), dana darurat dapat membantu kamu tetap hidup. Jaman mahasiswa dulu, dana darurat aku gunakan untuk keperluan mendadak, seperti sumbangan untuk sebuah event hingga pegeluaran di luar dugaan. Memiliki dana darurat membantu aku lebih tenang dalam menghadapi masalah, khususnya yang berhubungan dengan uang. At least, aku selalu merasa aman karena berpikir punya simpanan.

Lalu bagaimana cara mengumpulkan dana darurat itu sendiri?

Caranya gampang banget kok, aku bagikan sedikit tips dan cara aku mengumpulkan dana darurat, ya :

Pertama : Menentukan goals dana darurat yang harus terkumpul.

Menentukan target merupakan langkah penting ketika akan meulai sesuatu. Dengan memiliki target, kamu jadi punya motivasi untuk mencapai target tersebut. Referensi tulisan dari Mbak Alodita ini bisa jadi acuan untuk menentukan goals dana darurat yang harus dikumpulkan. Aku sendiri sih langsung menentukan nominal yang harus dikumpulkan berdasarkan kemampuan dan kebutuhan pribadi. Prinsip aku memang simple aja, semakin banyak tersimpan semakin baik.

Kedua : Mengenal kebutuhan harian dan bulanan.

Cara paling ampuh untuk mengenal kebutuhan harian dan bulanan adalah membuat daftar pengeluaran. Aku pribadi mengurutkan daftar kebutuhan dari yang paling basic sampai kebutuhan yang masih bisa di-pending berdasarkan pengalaman di bulan sebelumnya. Hal ini gak hanya membantu aku menentukan kemampuan dalam menyicil dana darurat, tetapi juga membantu aku mengeliminasi pengeluaran yang bisa ditunda. Tentunya, agar supaya aku bisa lebih fokus dalam mencapai target dana darurat. Setelah melakukan evaluasi daftar kebutuhan, pisahkan dana yang tersisa dalam dua kategori : tabungan sementara dan dana darurat.

Ketiga : Save it.

Setelah tahu jumlah dana darurat yang bisa kamu cicil, save it! Jangan ditunda-tunda.

Saran dari aku, dana darurat sebaiknya disimpan terpisah dari rekening atau amplop pengeluaran harian. Fungsinya agar mencegah kamu khilaf menggunakan dana darurat. Pemisahan rekening ini juga dapat membuat kamu lebih mudah dalam mengontrol total uang yang telah tersimpan.

Oh iya, usahakan pilih bank (untuk menyimpan dana darurat) yang memiliki biaya administrasi murah sehingga total dana darurat kamu tidak terganggu.

Keempat : Konsisten dan disiplin.

Konsisten dan disiplin mungkin menjadi tahap yang paling susah, apalagi buat yang hobi jajan. Cara paling ampuh yang aku lakukan untuk mendisiplinkan diri adalah dengan memerintahkan diri sendiri untuk patuh.

Tahu gak, kalau kamu adalah satu-satunya orang yang mampu mengendalikan diri kamu sendiri. Aku selalu bisikin motivasi aku dalam menyimpan dana darurat. Selalu set mindset kalau dana darurat ini untuk kebaikan jangka panjang.

Percaya deh, konsisten dan disiplin dapat membantu kamu lebih mudah dalam mencapai target dana darurat. Semakin cepat dana darurat tercapai, semakin tenang pula hidupmu.

Pesan aku untuk yang baru mau mencoba :

Jangan ragu! setelah membaca ini, khususnya untuk kamu yang belum pernah memulai, you can start it now. Mumpung masih semangat cari duit, kan?

Selamat mencoba!


Featured image source : pinterest/Cool Hunting

2 thoughts on “Let’s Talk About Emergency Fund!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *