Subscribe here :

Lifestyle

#ITSFRIYEAY : Time to Reading!

Sebagai orang yang mudah overthinking, membaca adalah salah satu cara aku menarik diri dari pikiran-pikiran nggak perlu yang sering datang tiba-tiba. Jenis bacaan yang biasanya aku baca pun terbilang random, tergantung mood aku saat itu. Kadang aku hanya memanfaatkan ponselku, mengetik situs blogger favoritku atau membuka aplikasi bacaan yang aku miliki di ponsel. So far, aku senang membaca cerita-cerita dari penulis di wattpad atau storial.co. Kapan-kapan aku akan bahas dua aplikasi ini lebih dalam, yaaa!

Seperti yang sudah aku janjikan sebelumnya, konten #ITSFRIYEAY akan banyak berisi tentang rekomendasi yang bisa dijadikan refernsi untuk teman-teman pembaca blog ini. Minggu ke dua bulan November ini, aku akan merekomendasikan beberapa bacaan yang mungkin bisa menemani kamu menghabiskan akhir pekan besok. Here is some of my recommendation :

Love for Imperfect Things-Haemin Sunim

Aku nggak akan pernah bosan merekomendasikan buku ini dimanapun aku punya kesempatan membahas buku favoritku. Buku yang ditulis oleh seorang biksu dari Korea Selatan ini termasuk genre buku self-love. Dari genre-nya, sih sudah jelas kalau buku ini isinya tidak jauh-jauh dari tulisan inspiratif yang mengahangatkan hati.

Love for Imperfect Things sendiri terdiri dari delapan bab yaitu tentang self-care, family, empathy, relationship, courage, healing, enlightenment, dan acceptance. Yang mana setiap babnya dimulai dengan narasi cerita dari Haneim Sunim, lalu kemudian diikuti oleh petuah-petuah yang setiap kalimatnya memiliki efek magis tersendiri.

Membaca buku ini ketika pandemi sangat membantu aku untuk tidak terjebak dalam pikiran-pikiran negatif. Kalimat-kalimatnya mungkin terlihat sederhana tetapi buat aku kalimat-kalimat tersebut selalu tepat sasaran sehingga membuka pikiran aku dalam melihat perspektif lain.

Garis Singgung-Niallgina

Seperti yang sempat aku singgung sebelumnya, selain membaca buku dalam bentuk fisik, aku juga senang membaca bacaan yang sifatnya digital. Wattpad menjadi salah satu aplikasi baca favoritku. Di wattpad, kebanyakan cerita yang aku baca jenisnya seperti novel. Ceritanya pun kebanyakan yang ringan-ringan saja dan tentunya masih related dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu cerita favoritku adalah Garis Singgung ini.

Garis Singgung bercerita tentang Andina yang awalnya hanya menjadikan Fadil sebagai pelampiasan move on-nya saat SMP, tetapi cinta yang berawal dari keisengannya itu justru bertahan hingga bertahun-tahun kemudian. Meski harus berpisah beberapa kali, takdir selalu membawa Andina dan Fadil bertemu di berbagai momen yang tidak pernah mereka bayangkan.

Menariknya cerita ini adalah karena penulisnya membiarkan kita ikut tumbuh bersama Andina dan Fadil. Termasuk proses cinta yang tumbuh di antara keduanya. Menurutku ide penulis membaiarkan pembaca ikut tumbuh dengan tokoh-tokoh di dalam cerita ini sangat brilian. Kita nggak hanya tahu latar belakang keduanya, tetapi penulis juga membuat kita melihat perkembangan perasaan Andina dan Fadil di setiap fase kehidupan tokoh di cerita ini.

Favoritku adalah penggambaran latar waktu dan momen-momen yang membuatku ikut bernostalgia sebab hampir semua momen di cerita ini juga pernah aku alami sendiri. So, this is supeeer good!

Settle for Half-Khalinta

Masih dari aplikasi Wattpad, Settle of Half adalah salah satu cerita yang membuat aku jatuh cinta setengah mati dengan hampir semua karakter tokohnya. Settle of Half bergenre fanfiction-yang mana sebagian besar tokohnya mengambil visual anggota grup band asal Korea Selatan, DAY6.

Mikasa Iskandar adalah seroang vokalis dan gitaris band populer bernama Rebound. Mika merupakan sosok yang awet dicintai Raya, adik dari salah satu anggota band Mika. Hubungan keduanya berkembang pesat setelah pernah terpisah sekitar tiga tahun, ketika Mika masih memperjuangkan mimpi-mimpinya. Cinta yang dulunya hanya didambakan Raya akhirnya berbalas. Meski begitu, Raya dengan segala insecure-nya terhadap kekurangannya menjadi tantangan yang harus Mika taklukkan.

Cerita ini mostly diambil dari perspektif Raya sehingga kita dibawa ikut menebak-nebak perasaan Mika yang sesungguhnya di beberapa bab awal. Aku pribadi juga tipe pembaca yang senang dengan dialog-dialog bermutu setiap tokohnya seperti misalnya, membahas topik jodoh yang diangkat Mika dan Raya pada salah satu momen kebersamaannya. Menarik banget!

Untuk yang tertarik membaca cerita cinta yang lucu dan haru, langsung baca aja, yuk!

Ruang Temu Rasa-Pradnya Paramitha

Pradnya Paramitha jadi salah satu penulis wattpad favoritku. Hampir semua karyanya sudah pernah aku baca dan memang semua ceritanya sangat menarik untuk dibaca.

Ruang Temu Rasa bercerita tentang Brilian, seorang mahasiswa hukum berusia dua puluh tahun, berhasil bekerja part time di kafe Ruang Temu Rasa, milik pria yang diam-diam dicintainya. Saat perasaannya bersambut, ia harus menghadapi mantan pacar si pria yang posesif dan psycho, serta perasaan adik sang pria, yang juga sahabat baik Brilian sendiri. Kira-kira, Brilian bakal berakhir dengan siapa, ya?

Khas karya-karya Pradnya Paramitha adalah penokohan ceritanya yang related dan tidak mengada-ada, lengkap dengan menonjolkan kelebihan dan kekurangan setiap karakter di dalam ceritanya. Aku pribadi selalu senang dengan karakter perempuan-perempuan di cerita karya-karya Pradnya Paramitha. Karakternya selalu kuat, termasuk sosok Brilian di cerita Ruang Temu Rasa ini.

Selain penokohannya yang kuat, konflik dan ending cerita Ruang Temu Rasa jadi alasan penting mengapa aku merekomendasikan Ruang Temu Rasa untuk kalian baca. Penulis benar-benar memberikan banyak pesan penting dalam ceritanya ini, membuka perspektif baru tentang memilih yang terbaik.

We Found Love-FromTaya

Last, mungkin akan terlihat narsis karena memasukkan karya sendiri di dalam daftar rekomendasi ini tapi demi karyaku bisa dikenal, aku memutuskan untuk promosi sekalian aja, yaaa!

We Found Love terinspirasi dari konsep meet cute-sebuah pertemuan di luar ekspektasi yang menjadi permulaan terbentuknya cinta setiap tokohnya. Aku juga sengaja memfokuskan latar tempat dimana kadang kita tidak pernah memikirkan akan menemukan cinta di tempat-tempat tersebut. Salah satunya cerita Albi dan Alya yang bertemu di kereta dalam situasi yang tidak terduga.

Meski karyaku ini belum rampung (dan sepertinya masih akan sangat lama untuk rampung), aku sduah mengumpulkan ide-ide setiap babnya. Jadi, sebelum aku bisa update bab-bab terbarunya, kalian boleh banget baca bab yang sudah aku tulis dulu, Selamat membaca!

**

Semoga akhir pekan kalian menyenangkan and happy weekend! Kalau kalian punya rekomendasi buku, cerita, atau apapun untuk dibagi, boleh banget komen di bawah!

3 thoughts on “#ITSFRIYEAY : Time to Reading!

  1. Waaahh aku belom pernah baca karya wattpad lgsg dr aplikasi sih, pernahnya yg udh terbit jd buku aja soalnya bingung harus baca yang mana karena banya banget hehehe. Thanks rekomendasinya Mba, bisa dicoba deh ini nanti buat coba baca juga

    1. Teima kasih Mbak Tika sudah membaca rekomendasi aku ini 🙂 emang banyak bangeeeet, Mbak! aku kalau lagi pengen baca yang ringan-ringan pasti carinya di wattpad hehehe mungkin bisa mulai dari yang aku rekomendasiin dulu, mbak hehehe. Selamat membaca yaaa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *