Lifestyle

Memorist : Korean Drama Full of Plot Twist (Sebuah Ulasan)

Sebagai pecinta drama korea, aku ingin sekali rutin menulis ulasan terkait drama-drama yang sudah aku tonton di blog ini, sayangnya belum kesampaian- mungkin setelah menulis ulasan ini aku bisa rutin menulis ulasan drama-drama korea yang sudah aku tonton kali ya. ((semogaaa))

Memorist menjadi drama korea terbaik edisi Maret-April versi aku yang aku akan ulas di blog ini.

Drama yang tayang sejak 11 Maret 2020 dan baru saja mengakhiri episode keenam belasnya tanggal 30 April 2020 kemarin ini sempat tayang di kanal tvN, tentunya drama Memorist ini juga bisa kamu nonton ulang di aplikasi streaming seperti VIU dan lain-lain.

Memorist sendiri diperankan oleh aktor dan aktris terkenal Korea Selatan yang sudah cukup sering kita temukan di berbagai drama korea, sebut saja Yoo Seung-ho, Lee Se-young, dan Cho Seong-ha. Ketiganya pun didapuk sebagai pemeran utama di drama Memorist ini.

**

The one and only, Detective Dong Baek!

Dong Baek (diperankan oleh Yoo Seung-Ho) adalah seorang detektif polisi yang memiliki kemampuan istimewa yaitu dapat memindai ingatan seseorang yang disentuhnya. Kemampuannya tersebut mendapatkan sorotan banyak pihak sehingga Dong Baek terkenal sebagai detektif paling ditakuti oleh semua penjahat di Korea. Sayangnya kepopulerannya tersebut juga mengundang musuh dan kebencian dari berbagai pihak. Sifatnya yang temperamental dan keras kepala, membuatnya sering mendapatkan hukuman sampai-sampai Lee Shin-woong sebagai direktur kepolisian harus selalu turun tangan mengamankan Dong Baek.

Pada suatu hari Dong Baek dihadapkan pada sebuah kasus pembunuhan berantai yang sudah diselidiki lebih dulu oleh Komandan Besar termuda di kepolisian, Han Sun-mi. Pada awalnya Han Sun-mi hanya ingin memanfaatkan Dong Baek untuk mencari beberapa petunjuk saja tetapi keduanya kemudian gak terpisahkan karena saling membutuhkan kemampuan masing-masing.

Dong Baek dengan kekuataannya dan Han Sun-mi dengan kecerdasan dan ketelitiannya dalam investigasi di lapangan.

Meskipun begitu, kasus yang mereka hadapi bukanlah sebuah kasus yang mudah sebab kasus tersebut juga berkaitan dengan kasus pembunuhan dua puluh tahun lalu yang memang gak pernah berhasil terpecahkan.

**

Kurang lebih seperti itulah gambaran cerita drama Memorist. Pada intinya Dong Baek dan Han Sun-Mi akhirnya bekerjasama dalam memecahkan kasus yang gak hanya melibatkan pembunuhan beruntun di masa sekarang tetapi juga kasus pembunuhan yang terjadi ketika mereka berdua masih kecil.

Aku bisa langsung menangkap aura ‘dark’ dalam tiga episode pertamanya karena drama Memorist ini tidak segan-segan mengekspos peristiwa-peristiwa memilukan seperti pemerkosaan, pembunuhan, hingga penyiksaan yang diambil dari sudut pandang korban atau pelaku yang ingatannya dipindai oleh Dong Baek.

Seakan-akan drama Memorist ini ingin kita ikut merasakan ketakutan yang dirasakan korban serta perasaan frustasi Dong Baek untuk membalaskan dendam korban.

Selain itu, poin lain yang gak kalah menariknya dalam drama Memorist ini ialah jalan cerita atau plotnya yang susah tertebak. Seakan-akan penulis naskah untuk drama Memorist ini memang sengaja ingin memainkan nalar dan kepekaan kita untuk menebak inti cerita yang sebenarnya. Tentunya dengan menambahkan bumbu-bumbu pengecoh yang membuat kita bingung dan curiga terhadap semua orang di drama ini.

Pada satu adegan kamu mungkin percaya sama tebakan kamu tapi ketika adegan tersebut berlanjut, keyakinan kamu dengan mudahnya dipatahkan. Sampai akhirnya kamu ketaguhan dan penasaran setengah mati.

Sebagai pengalaman pribadi : aku gagal menebak penjahatnya sampai akhir. ((Ciyan!!))

**

Anywaaay, aku juga ingin mengapresiasi akting Yoo Seung-ho yang menurut aku gak pernah mengecewakan. Setelah menonton drama-dramanya, aku bisa tahu kalau Yoo Seung-ho gak kalah keren dari aktor-aktor terkenal lainnya.

Gak hanya sukses memerankan karakter yang lucu dan playful seperti perannya di drama My Strange Hero dan I am Not Robot, Yoo Seung-Ho juga sukses membawakan peran Dong Baek yang dingin, keras kepala, dan berani. Aku ikut-ikutan gemas luar biasa saat Dong Baek bersikap keras kepala dan membuat teman-temannya khawatir. Lucunya, aku juga ikut merasa tegang setiap kali Dong Baek nyaris mati karena terlalu berani menantang penjahatnya secara langsung.

Well, untuk kamu yang bosan dengan cerita cinta drama Korea yang bikin baper berhari-hari, drama Yoo Seung Ho yang satu ini bisa jadi pilihan yang tepat sebab kamu gak akan menemukan cerita cinta yang berlebihan di drama ini.

Meskipun menegangkan dan bikin frustasi, drama ini nagih banget loh!

Kekurangan cerita ini sebenarnya terletak di bagian ending-nya. Kok bisa? Penasaran? Yuk, langsung streaming di aplikasi favorit kamu!

3 thoughts on “Memorist : Korean Drama Full of Plot Twist (Sebuah Ulasan)

  1. Hai Kak,
    aku sampe langganan Viu buat nonton drama korea padahal sebelumnya ga gitu tertarik, heheh
    temanku rekomen nonton Memorist, buat genre thriller katanya bagus
    eh tapi adegannya serem ya? jadi penasaran endingnya gimana nih

    1. Hai! kalau aku pribadi sih lumayan serem karena beberapa adegannya emang pembunuhan yekan. Bikin parno huhu. Langsung nonton aja kak seru banget soalnya! ^^b Happy watching!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *