Lifestyle

My Top Five K-Variety Show to Watch

Kalau lagi suntuk tapi dalam mode nggak mood nonton drama Korea, aku biasanya memilih tontonan yang jauh lebih ringan dan lebih menghibur. Salah satunya adalah nonton acara ragam atau yang lebih dikenal dengan istilah variety show tapi masih dari Korea Selatan.

Selain ringan dan menghibur, variety show dari Korea Selatan juga terkenal dengan konsep program-programnya yang unik dan tidak monoton sehingga masing-masing program memiliki ciri khasnya masing-masing.

Berikut ini aku ingin membagikan my top five k-variety show yang bisa jadi referensi kalian jika sedang butuh tontonan ringan tapi masih sangat menghibur, scroll ke bawah, yaaa!

Running Man

Variety show yang tayang di channel SBS ini bisa dibilang variety show paling terkenal, tidak hanya di Korea Selatan tapi juga di seluruh dunia. Running Man yang tayang pertama kali pada tahun 2010 ini sudah mencapai 513 episode sampai pekan ini. Episode yang bisa dibilang cukup berumur panjang untuk sebuah program TV. Running Man sendiri merupakan program variety show yang memiliki tema misi berbeda-beda setiap episodenya. Selain itu, program yang juga dibintangi oleh Yoo Jae-suk, Kim Jongkook, HaHa, Song Ji-hyo, Ji suk-jin, Lee Kwang-soo, Yang Sechan, dan Jeon So-min ini juga terkenal kreatif dalam membuat permainan-permainan yang seru dan menantang di setiap episodenya. Salah satu permainan mereka yang paling terkenal adalah name tag elimination. Para member dan bintang tamu akan saling berebut melepaskan name tag yang dipasang di punggung mereka. Permainan ini sangat populer dan melekat dengan running man sendiri.

Meski kebanyakan misi-misi mereka terlihat serius, Yo Jae-suk CS nyatanya mampu membuat acara ini menarik, terlebih dengan keahlian mereka dalam membuat jokes spontan dan apa adanya. Gimana? tertarik nonton?

New Journey to The West

Familiar dengan cerita sun wokung? Cerita tentang siluman monyet yang melakukan perjalanan bersama guru dan dua saudaranya dalam mencari sesuatu? Nah, kalau iya, berarti kalian akan familiar juga dengan konsep program variety show Korea yang satu ini. Mengambil latar cerita yang sama dengan judul novel New Journey to The West, variety show ini mengisahkan empat anggotannya yang sedang melakukan perjalanan ke Tiongkok selama lima hari empat malam, lengkap dengan atribut khas di dalam cerita novelnya tersebut. Mereka pun diberikan sebuah misi yaitu mengumpulkan tujuh bola naga yang mana ketika mereka berhasil mengumpulkannya, keinginan mereka akan dikabulkan oleh para kru. Sayangnya, meski pada season pertamanya sukses, format pemain NJTTW terpaksa berubah.

Tahun ini NJJTW sendiri sudah memasuki season ke tujuh dengan format member-nya yang terbaru yaitu Kang Ho-dong, Lee Soo-geun, Eun Ji-woon, Song Min-ho, Kyuhyun, dan P.O sebagai pemain baru. Meski terjadi perubahan anggota yang turut memengaruhi tema cerita sebelumnya tidak mengubah keakraban dan kelucuan NJTTW. Sebaliknya, komedi yang ditamplkan Min-ho dan P.O justru membuat program variety show yang satu ini makin dicintai banyak orang.

Kang’s Kitchen

Kang’s Kitchen merupakan spin off variety show New Journey to The West yang tayang pertama kali pada Desember 2017. Na PD yang juga merupakan sutradara program NJTTW ini akhirnya mengabulkan permintaan Kang Ho-dong CS untuk turut membuat acara variety bertema kuliner seperti salah satu program yang juga pernah disutradarai Na PD di kanal yang sama. Kang’s Kitchen tentunya masih dibintangi oleh para pemain NJTTW dan sudah menjalani tiga season per tahun 2019 kemarin. Kang’s Kitchen sendiri memiliki konsep variety yang mana Kang Ho-dong CS diberikan kesempatan untuk mengelola sebuah restoran. Berhubung para member tidak memiliki latar belakang pengetahuan memasak, mengelola restoran tentunya merupakan sebuah tantangan besar yang harus mereka talukkan. Serunya variety show ini adalah kita turut menyaksikan setiap proses yang para member lakukan dalam mengelola restoran mereka. Mulai dari belajar memasak, menentukan menu, berdiskusi soal harga, dan tentunya menyelesaikan setiap permasalahan yang timbul selama mereka menjalankan bisnis restoran tersebut. Oh iya, dan yang paling penting, Kang’s Kitchen masih menampilkan sisi komedi khas para membernya seperti di NJTTW.

Knowing Brother

Satu lagi program variety show yang dibintangi Kang Ho-dong dan Lee Soo-geun yang masuk daftar favoritku. Knowing Brother atau juga dikenal dengan judul Men on a Mission/Ask Us Anything ini tayang di JTBC sejak Desember 2015. Selain Kang Ho-dong, variety show ini juga dibintangi oleh Seo Jang-hoon, Kim Young-chul, Kim Hee-chul, Min Kyung-hoon, dan Lee Sang-min. Knowing Brother sendiri hadir dengan konsep bincang-bincang menggunakan setting tempat berupa kelas seperti di sekolah pada umumnya. Format bincang-bincangnya pun disesuaikan dengan konsep programnya yaitu setiap bintang tamu dianggap sebagai murid baru yang mana harus melalui sebuah tahap perkenalan terlebih dahulu. Dua segmen wajib yang pasti ada di setiap episode Knowing Brother adalah Lee Soo-geun membacakan entrance apllication yang sebelumnya sudah diisi oleh bintang tamu, dan segmen Guess About Me-yang mana para bintang tamu menyiapkan tebak-tebakan tentang diri mereka yang belum pernah diketahui publik. Khusus segmen terakhir yang aku sebutkan tadi menurutku merupakan sebuah konten yang menarik, khususnya bagi para penggemar yang senang mengetahui fakta-fakta baru idolanya. Jokes di Knowing Brother juga kadang sereceh itu, para host yang terlibat juga memiliki karakter jokes berbeda-beda sehingga membuat variety yang satu ini semakin berwarna.

The Return of Superman

Berbeda dengan program-program variety show yang aku sebutkan sebelumnya, TROS memiliki format acara yang jauh berbeda. Lahir dengan konsep menyorot para ayah yang menghabiskan waktunya untuk mengurus, mendidik, dan menjaga anak-anaknya tanpa bantuan istri di rumah. TROS mengangkat tema parenting yang sangat membantu banyak orang belajar dari pengalaman-pengalaman para ayah di variety show ini. TROS saat ini menyorot keseharian enam keluarga yaitu Sam Hamington bersama dua kurcils-nya William & Bentley, Moon Hee-joon bersama putri semata wayangnya Jam-jam, Kang Gary dan putra tunggalnya Ha-oh, Hong Kyung-min bersama Ra-won & Ra-im, Do Kyung-wan bersama Yeon-woo & Ha-young, dan yang baru saja bergabung Min Woo-hyuk bersama Yi-deum & Yi-eum. Acara yang juga pernah membuat Daehan Minguk Manse pernah terkenal pada masanya ini menampilkan kepolosan anak-anak dalam berinteraksi dengan hal-hal di sekitarnya. Setiap orang tua di acara ini juga memiliki gaya mendidik yang berbeda-beda termasuk dalam menghadapi tantrum anak-anak mereka. Aku pribadi sangat merekomendasikan para orang tua muda untuk menonton acara ini, pun bagi kamu yang akan menjadi orang tua kelak. Dijamin bakal dapat ilmunya banget.


Nah, gimana teman-teman? udah tertarik untuk nonton? Atau kamu punya variety lain yang ingin kamu rekomendasikan? Feel free untuk komen di bawah, ya!

PS : Untuk episode lengkap setiap variety show yang aku rekomendasikan bisa kamu tonton di aplikasi streaming seperti viu atau juga bisa langsung search di youtube aja yaa.

Happy Watching!!!


Featured Image by Vlada Karpovich from Pexels

2 thoughts on “My Top Five K-Variety Show to Watch

  1. Coba ikutin Fun Restaurant dan Boss in the Mirror punya KBS, itu juga seru loh! Sampe sekarang masih running juga. Dan jangan lupa cobain coffee friends dan handsome tigers. Ini keren parah sih, udah tamat dan episodenya ga banyak jadi bisa ngikutin dalam seminggu doang.

    Btw, yang di share legend2 banget tuh varshownya aku juga suka ngikutin apalagi Running Man dan The Return of Superman!

    1. Noted! Nanti aku coba nonton yaa, terima kasih rekomendasinya 🙂 Btw, coffe friends aku juga nonton, tadinya mau masukin di list ini tapi kayaknya mau direview terpisah aja hahaha. Kalau handsome tigers aku gak kuat nontonnya, takut baper sama eunwoo *nahlohhh*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *